Selasa, 17 Maret 2009

PROSEDUR PENYETELAN PRE STROKE (SPILL TIMING) PADA INJECTION PUMP

Langkah Penyetelan Pre stroke atau Spill Timing adalah sebagai berikut :

1.Pasang injection pump pada test bench

2.Set injection pump dalam keadaan plunger untuk cylider nomer satu dalam langkah kompresi.

3.Lepaskan fuel injection tubing

4.Kemudian lepaskan valve delivery holder

5.Lepaskan delivery valve dan spring dari injection pump

6.Ganti fuel injection tubing dengan tube yang pendek atau spill timing pipe. Ini digunakan untuk mengetahui aliran bahan bakar pada saat penyetelan.

7.Kemudian pasang delivery valve holder tanpa memasang kembali delivery valve dan spring.

8.Pasang dial pada roller tappet

9.Kemudian berikan suply bahan bakar bertekanan pada fuel injection pump

10.Pada saat ini bahan bakar akan mengalir keluar melalui spill timing pipe, karena posisi plunger masih berada di bawah atau TMB, sehingga inlet port dan spill port masih terbuka sehingga bahan bakar dapat mengalir ke luar melalui spill timing pipe.

11.Putar shaft injection pump dan perhatikan aliran bahan bakar pada spill port tersebut.

12.Jika pada saat diputar shaft dari injection pump tersebut dan aliran bahan bakar pada spill timing pipe semakin sedikit, putar dengan perlahan injection pump shaft untuk mendapatkan kedua port benar-benar tertutup, dan biarkan kira-kira selama 15 detik untuk memastikan benar-benar tidak ada tetesan bahan bakar pada spill timing pipe, jika kondisi ini didapat inilah yang disebut dengan spill cut-off. Yaitu keadaan dimana spill port dan inlet port tertutup oleh plunger sehingga bahan bakar tidak dapat mengalir melalui spill timing pipe.

13.Lihat jarum yang ditunjukan oleh dial.

Contoh kasus :

Jika pre stroke yang diinginkan adalah 10 mm, namun pada saat spill cut-off, dial menunjukan 12 mm. Bagaimanakah peyetelan yang akan kita lakukan pada adjusting screw pada tappet atau pada jeis injection pump yang lain dengan cara mengganti tappet spacer?

Perhatikan gambar di bawah ini !


Klik pada gambar untuk melihat ganbar dengan ukuran sebenarnya.

Dari keterangan gambar di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kita HARUS menambah ketinggian dari tappet dan plunger yaitu dengan cara menyetel adjusting screw atau menambah tappet spacer untuk jenis pompa injecton yang lain.

Posted By Ade_Riska@Manis NIM. TO 070022

Tidak ada komentar: