Minggu, 29 Maret 2009

PENGATURAN JUMLAH BAHAN BAKAR PADA INJECTION PUMP IN LINE TYPE

Posisi pengaturan jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan pada injection pump in line type terdiri dari beberapa posisi pengaturan yaitu sebagai berikut :

1.No Delivery


Pada posisi seperti ini yaitu garis helix yang berada pada plunger menghadap ke spill port. Ini berarti bahwa bahan bakar yang berada d atas plunger tidak dapat ditekan atau dikompresikan menuju nozzle, karena garis helix menghadap ke spill port. Perhatikan gambar di atas. Pada kondisi seperti ini maka tidak ada bahan bakar yang dikompresikan sehingga disebut kondisi “no delivery”.


2.Partial Delivery


Pada kondisi seperti ini maka kedua port akan tertutup sehingga bahan bakar yang berada di barrel akan terperangkap dan kemudian akan dikompresikan oleh plunger sehingga ada bahan bakar yang diinjeksikan oleh nozzle.

Banyak dan sedikitnya bahan bakar yang akan diinjeksikan ditentukan oleh lamanya waktu yang diperlukan spill port untuk bertemu dengan helix pada plunger. Semakin lama waktu yang diperlukan agar helix dan port bertemu maka ini berarti semakin banyak pula volume bahan bakar yang akan diinjeksikan dan sebaliknya semakin cepat waktu yang diperlukan untuk bertemunya port dengan helix maka semakin sedikit volume bahan bakar yang akan diinjeksikan. Walaupun port dan helix telah bertemu dan langkah plunger belum mencapai titik TMA ini tidak memberikan efek apapun karena port dan helix selalu berhubungan. Jadi langkah efektif dari plunger adalah langkah pre stroke sampai dengan bertemunya port dengan helix pada plunger.


3.Maximum Delivery




Seperti yang telah dijelaskan pada posisi partial delivery yaitu banyak dan sedikitnya bahan bakar yang akan diinjeksikan ditentukan oleh lamanya waktu yang diperlukan spill port untuk bertemu dengan helix pada plunger. Semakin lama waktu yang diperlukan agar helix dan port bertemu maka ini berarti semakin banyak pula volume bahan bakar yang akan diinjeksikan dan sebaliknya semakin cepat waktu yang diperlukan untuk bertemunya port dengan helix maka semakin sedikit volume bahan bakar yang akan diinjeksikan.

Pada kondisi ini langkah efektif plunger adalah maksimum. Ini berarti bahwa langkah terpanjang dari plunger yang digunakan untuk mengkompresikan bahan bakar ke nozzle.

Tidak ada komentar: